Tentang spinjam shopee atau shopee pinjam

Menurut situs resmi shoppe.co.id, Pinjam uang di shopee atau SPinjam merupakan produk pinjaman tunai yang ditawarkan untuk Pengguna Shopee dengan fitur pengajuan yang mudah dan aman. SPinjam aman dan terpercaya karena dikelola langsung oleh PT Lentera Dana Nusantara dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Apa kelebihan spinjam shopee atau shopee pinjam

Pinjam uang di shopee memiliki beberapa kelebihan atau keuntungan dari spinjam shopee yang dialamai rata-rata pengguna shopee yang sudah mengaktifkan dan verifikasi shopeepay adalah:

  • Aktivasi yang cepat, verifikasi dilakukan dengan cepat karna secara otomatis. Hanya menggunakan KTP yang datanya sudah ada dan ditambah foto wajah.
  • Menawarkan berbagai macam tenor cicilan mulai dari 3 (tiga), 6 (enam)*, dan 12* bulan. Tergantung limit yang diperoleh.
  • Setelah pengajuan SPinjam disetujui, dan melakukan tanda tangan digital, dana akan langsung masuk ke rekening Bank.

Apa kekurangan spinjam shopee

Walaupun sangat mudah mengaktifkan spinjam shopee dan mengajukan pinjam uang di shopee dengan cepat untuk kebutuhan mendesak, tapi anda harus mengetahui juga kelemahan dan resiko mengaktifkan spinjam shopee.

  • Plafon yang berbeda per pengguna, rata-rata pengguna baru paling dapatnya tidak sampai 1 juta.
  • Bunga tidak tentu, mulai dari 1,95%, artinya bisa 2, 3, 4, bahkan 5% per bulan tergantung faktor resiko dari debitur.
  • Denda keterlambatan 5% per bulan.
  • Jika gagal bayar siap-siap masuk black list BI checking dan ditagih seperti pinjaman BANK pada umumnya.

Jangan pinjam online jika tidak benar-benar terpaksa

Kemudahan mendapatkan pinjaman online ataupun paylater (beli sekarang bayar nanti) termasuk spinjam shopee akan membuat kebiasaan buruk, yaitu kebiasaan ngutang. Ketika kebiasaan ini sudah mendarah daging, maka akan sulit lepas, akibatnya timbul hal-hal negatif. Hidup anda akan diliputi dengan hutang dan tidak akan berkembang, karna ketika anda butuh uang, yang ada di pikiran anda bukan bagaimana berbisnis untuk mendapatkan uang, tapi bagaimana agar mendapatkan hutang, dari hutang satu ke hutang yang lain, dan akan begitu seterusnya.

Review spinjam shopee, antara penawaran dan kenyataan

Sebelum mengajukan pinjaman shopee pinjam atau mengaktifkan spinjam shopee, baca baik-baik fakta-fakta seputar spinjam shopee di bawah ini.

Aktivasi spinjam shopee tidak semanis penawarannya

Posisikan diri anda sedang membutuhkan uang 5jt atau 10jt. Saat HP anda ada notifikasi penawaran pinjaman dari shopee seperti screenshoot di bawah ini apakah anda akan tertarik?

review shopee spinjamKalau orang normal apalagi sedang butuh duit pasti akan tertarik, lalu diklik dan membawa anda ke halaman aktivasi spinjam

review shopee spinjam (2)

Tiga point di atas akan meyakinkan kita untuk segera aktivasi lalu mendapatkan pinjaman hingga 12jt dengan bunga rendah, apalagi setelah klik simulasi pinjaman

review shopee spinjam (5)

 

Tetapi setelah berhasil mengaktifkan spinjam shopee, dan mengajukan pinjaman ternyata tidak semanis penawarannya.

review shopee spinjam (6)

Dapat plafon atau limit cuma 750rb, tenor maksimal 6 bulan dan bunga 5% per bulan. Jadi kalau pinjam selama 6 bulan, total bunganya mencapai 30%.

Fakta tentang spinjam shopee sebelum aktif dan setalah aktivasi

Ini yang saya dapatkan, yang mungkin akan berbeda pada setiap pengguna shopee yang mengajukan pinjaman spinjam.

  • Sebelum aktivasi spinjam tertulis limitnya hingga 12.000.000, setelah aktivasi ternyata dapat limit cuma 750.000.
  • Sebelum aktivasi spinjam tertulis tenornya sampai 12 bulan, setelah aktivasi ternyata tenor maksimal 6 bulan.
  • Sebelum aktivasi spinjam tertulis bunga terendah 1,95%, setelah aktivasi ternyata bunganya 5% per bulan.

Apakah anda merasa terjebak? bukan dijebak, karna mungkin shopee tidak berniat menjebak, tapi bahasa promosi memang seperti itu.

Dan faktanya setelah aktivasi, jangankan bisa hutang 5juta, hutang 1juta saja tidak bisa karna dapat limit cuma 750rb, dengan tenor maksimal 6 bulan dan bunga 5% per bulan. Jadi hutang 750rb selama 6 bulan bunganya 225rb, gede banget bro…

Jadi kalau anda tertarik mengaktifkan shopee pinjam atau spinjam shopee karna berniat hutang 5jt atau 10jt dengan tenor 1 tahun, sebaiknya urungkan. Karna besar kemungkinan anda tidak akan mendapatkannya, pengalaman dari beberapa pengguna baru, aktivasi dilakukan secara otomatis dan otomatis mendapat limit awal 750rb. Dan mungkin limitnya akan naik dari waktu ke waktu, tenor juga akan ditambah serta bunga akan diturunkan tergantung performa pinjaman anda atau tergantung tingkat resiko dari debitur. Jadi tidak langsung mendapat 12 juta setelah aktivasi shopee pinjam.

Sedikit nasihat tentang meminjam uang di bank

Saya punya kawan yang bilang kalau dia punya cicilan di bank dia jadi lebih semangat bekerja. Ungkapan ini benar-benar sebuah pembenaran diri yang tidak patut ditiru. Kalau mindsetnya sudah seperti itu mungkin sampai matipun akan meninggalkan hutang kalau tidak segera bertaubat. Pada kenyataanya teman saya itu sampai sekarang mempunyai banyak hutang di bank walaupun usahanya juga berkembang, tapi berdasarkan pengalaman teman saya yang lain, ujung-ujungnya hutangnya memang lunas tapi asetnya habis dijual untuk melunasi hutang, ya sama saja balik ke nol lagi.

Jadi praktek terbaik ketika berhutang adalah jangan berhutang kalau tidak benar-benar terpaksa, saat keadaan terdesak, tidak ada aset yang bisa dijual, dan tidak ada lagi saudara atau teman yang bisa membantu maka di situlah anda bisa hutang ke bank, tetapi harus disertai niat yang kuat untuk segera melunasinya.

Memang betul, keadaan darurat bagi setiap orang mungkin akan berbeda kadarnya, mungkin bisa juga sebetulnya belum darurat tapi ia anggap sebagai darurat, nah di situ lah akibat yang berbeda pasti akan dirasakan, misalnya jika dia memang benar-benar terpaksa maka Tuhan akan memudahkan untuk melunasi hutangnya.

Hukum hutang di bank dan sejenisnya menurut islam

Tidak perlu saya jelaskan panjang lebar di sini ya, karna sumber dan referensi tentang hukum meminjam uang di bank itu banyak sekali ada di youtube, silahkan anda dengarkan dari berbagai pendapat ulama. Intinya semua ulama sepakat bahwa riba itu haram. Dan semua sepakat bahwa meminjam uang ke orang lain dengan kesepakatan ada tambahan uang saat pengembalian adalah termasuk riba.

Tetapi masalah meminjam uang di bank yang pengembaliannya dengan cara dicicil dengan ada bunganya atau biaya cicilannya atau biaya sewa modal atau istilah lainnya apakah itu termasuk riba atau bukan ada perbedaan pendapat. Jadi masalah ini cukup kompleks, belum lagi ada perbedaan antara bank negara dan bank perorangan, bank konvensional dan bank syariah, antara hutang KUR (usaha) dan hutang konsumsi, dan lain sebagainya. Jadi silahkan dengarkan dari berbagai pendapat ulama, ikuti yang paling menenangkan hati anda. Atau kalau mau lebih berhati-hati ikuti pendapat yang mengharamkan hutang di bank konvensional.

Solusi melunasi hutang menurut Islam

Niat dan tekad yang kuat untuk segera melunasinya.

Ketika orang yang berutang mempunyai tekad dan niat yang kuat untuk melunasi utangnya, maka Allah akan membantunya untuk melunasi utangnya. Seperti yang disabdakan Rasulullah SAW.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang meminjam harta orang lain dengan niat mengembalikannya, niscaya Allah akan melunasi utangnya. Siapa yang meminjam harta orang lain untuk dia habiskan maka Allah akan memusnahkannya.” (HR. Bukhari dan Ibn Majah)

Jual aset jika ada

Menjual aset yang dimiiki adalah jalan terbaik untuk melunasi desakan hutang, bukan dengan menghutang di tempat lain, gali lobang tutup lobang, yang akan memasukan anda ke dalam lingkaran setan. Percaya dan yakin bahwa suatu saat anda akan bisa membeli aset lagi bahkan yang lebih besar.

Baca shalawat sebanyak banyaknya

Misalnya seribu atau lima ribu per hari. Anda bisa googling atau cari di youtube video kesaksian orang-orang yang merasakan manfaat membaca shalawat sebagai solusi atas semua persoalan di dunia. Hal yang paling penting adalah keyakinan yang mantap bahwa Allah akan mengabulkan doa kita dengan syafaat Rasulullah SAW.

Berdoa yang diajarkan Nabi Muhammad untuk melunasi hutang

Ada kisah sahabat Nabi yang sedang bingung dan termenung di dalam masjid karna hutang-hutangnya. Pada suatu hari, Rasulullah ﷺ masuk ke masjid. Ternyata di dalam masjid sudah ada seorang laki-laki dari sahabat Anshar bernama Abu Umamah. Beliau lalu menyapanya, “Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?” Abu Umamah lalu menjawab, “Kebingungan dan utang-utangku yang membuatku (begini), ya Rasul”. Beliau lalu bertanya lagi, “Maukah kamu jika aku ajarkan suatu bacaan yang jika kamu membacanya, Allah akan menghapuskan kebingunganmu dan memberi kemampuan melunasi utang?” Abu Umamah menjawab, “Tentu saja, ya Rasul.” Beliau melanjutkan, “Jika memasuki waktu pagi dan sore hari, maka bacalah :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a‘udzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘udzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘udzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”.