Kebetulan saat tulisan ini dibuat sedang tahun politik, musim pileg, pilpres, pilkadal, dan pil-pil lainnya. Seiring dengan memanasnya suhu politik, berseliweran pula survei maupun polling. Di internet memang banyak website dan layanan untuk membuat survei dan polling secara online baik yang gratis maupun berbayar.

Walaupun website polling bisa dipakai untuk melakukan survei secara online, tentu saja tingkat kepercayaan dan akurasinya tidak seperti survei offline yang dilakukan oleh lembaga survei. Survei dan polling mengguanakan website bisa akurat hanya jika target surveynya tepat, misalnya anda kirim link polling kepada anggota group facebook, whatsapp ataupun telegram, dan seluruh anggota group mengisi polling tersebut dengan jujur.

Dengan kata lain, website polling online bisa membantu anda untuk mensurvei hal-hal tertentu pada target audience tertentu pula. Jadi misalnya dipakai untuk mensurvei pilkada atau capres hasilnya tidak mewakili real di lapangan, karna hanya beberapa orang saja yang aktif secara online yang akan mengisi survei  tersebut.

Cara membuat website polling dengan WordPress

Ngomongin tentang website polling, barangkali anda tertarik membuat website untuk membuat survei dan polling, anda bisa membuatnya dengan wordpress. Ubo rampe yang diperlukan adalah website yang dibuat (berbasis) dengan wordpress dan plugin polling seperti WP-Polls, Total Poll Lite, Responsive Poll dan lain sebagainya, plugin tersebut semuanya gratis.

Di tahap ini, saya asumsikan anda sudah memiliki website berbasis wordpress, jika anda belum bisa membuat website wordpress, silahkan cek tutorial cara membuat server lokal dan install wordpress, itu website offline.

Kalau ingin membuat website yang online (website betulan) yang bisa diakses seluruh dunia, anda bisa membeli paket website instan berbasis wordpress termasuk domain dan hostingnya.

Baiklah, sekarang login ke halaman admin website anda (url-web/wp-admin), klik menu Plugin – Add New Plugin, ketik totalpoll di kolom pencarian, setelah muncul hasilnya, klik Install Now pada plugin TotalPoll, tunggu sebentar sampai selesai instalasi lalu klik Activate.

membuat website polling dengan wordpress

Setelah berhasil diaktifkan, klik menu TotalPoll – Create Poll, jika muncul halaman Welcome, klik saja next/selanjutnya sampai klik finish/selesai.

membuat website polling dengan wordpress2

Tulis judul dan pertanyan pollingnya, lalu kemudian di bagian Choices masih kosong, klik icon A Text yg saya kotak orang pada gambar di bawah ini.

membuat website polling dengan wordpress3

Setelah klik icon A Text, lalu muncul Label, ubah dengan jawaban ke satu dari pertanyaan surveinya.

membuat website polling dengan wordpress4

Ulangi langkah tersebut untuk membuat beberapa jawaban yang berhubungan dengan pertanyaan survei atau pollingnya.

Setelah selesai membuat beberapa jawaban polling, klik tombol Terbitkan/Publish untuk menerbitkan halaman survei tersebut.

Jika sudah selesai diterbitkan, anda bisa melihat hasilnya dengan klik View Poll atau link dari halaman polling yang baru saja anda buat. Untuk hasil tampilannya tergantung dari theme wordpress yang anda pakai. Di bawah ini contoh tampilan menggunakan theme custom sederhana yang saya buat sendiri.

membuat website polling dengan wordpress5

Membuat website polling dengan WordPress seperti pollingkita

Nah, setelah anda membaca tutorial cara membuat website polling dengan wordpress di atas, barangkali anda ingin tampilan yang lain, misalnya tampilan yang mirip dengan pollingkita.com. Dan mungkin bukan hanya tampilannya saja, tetapi cara kerjanya juga mirip dengan pollingkita.com yaitu semua orang bisa membuat polling mereka sendiri dan mempublikasikannya serta membagikan link polling tersebut ke media sosial mereka. Walaupun cara kerjanya tidak sama persis karna situs pollingkita.com tidak memakai wordpress, tetapi secara fitur dan fungsi dasar hampir sama.

Baiklah, anggap saja anda sudah membaca dan mempraktekan tutorial cara membuat website polling dengan wordpress di atas. Dalam arti, anda sudah memiliki website polling dengan plugin TotalPoll dan theme apapun yang anda pakai.

Untuk mengubahnya agar seperti website pollingkita.com, maka yang perlu anda lakukan adalah mengganti theme wordpress yang mirip dengan pollingkita.com, lalu menambahkan plugin lain yang diperlukan serta mengkonfigurasi agar cara kerjanya seperti website tersebut, sehingga hasil akhirnya mirip dengan contoh website polling dengan wordpress yang sudah saya buat ini.

Mengganti atau memodifikasi theme

Jika anda bisa memodifikasi atau meniru desain themenya, anda bisa lakukan itu sendiri. Atau mencari theme gratis yang mirip. Jika butuh tutorial cara membuat theme wordpress silahkan baca tulisan saya yang ini cara membuat template wordpress dengan mudah.

Menginstall plugin tambahan yang diperlukan

Selain plugin TotalPoll yang sudah diinstall, ada plugin tambahan yang diperlukan yaitu User Registration untuk menghandel orang yang akan membuat polling baru. Ini plugin wajib, karna tanpa mendaftar, orang tidak akan bisa membuat polling.

Selanjutnya plugin Wp Pagenavi, ini opsional saja tidak wajib, untuk mengganti tampilan navigasi bawaan wordpress yang seperti ini : lihat posting selanjutnya, menjadi tampilan yang lebih menarik seperti halaman 1,2,3,4 dst.

Pengaturan beberapa hal yang perlu untuk membuat website polling dengan WordPress

Membuat role atau tipe keanggotaan baru

Pertama, membuat role atau dalam bahasa sederhanya tipe keanggotaan baru yang hanya bisa mengakses, membuat dan menerbitkan polling. Dalam contoh ini saya akan membuat role polling manager.

Cara membuatnya, di dalam folder theme wordpress yang anda pakai, ada file functions.php, jika belum ada silahkan dibuat dulu. Kemudian edit file functions.php tersebut, copy paste kode di bawah ini lalu save/simpan.


add_action( 'init', 'add_polling_manager_role' );
function add_polling_manager_role() {
	add_role(
		'polling_manager',
		'Polling Manager',
		array(
			'read'               => true,
			'edit_poll'          => true,
			'read_poll'          => true,
			'delete_poll'        => true,
			'edit_polls'         => true,
			'edit_others_polls'  => false,
			'publish_polls'      => true,
			'read_private_polls' => false,
			'create_polls'       => true,
		)
	);
}

 

Mengaktifkan pendaftaran user website polling wordpress

Akses halaman admin websitenya, klik menu setting/pengaturan – general/umum. Di bagian membership, centang anyone can register lalu di bawahnya pilih role yang baru saja anda buat yaitu polling manager.

membuat website polling dengan wordpress6

 

Melakukan pengaturan pada plugin User Registration.

Setelah anda menginstall dan mengaktifkan plugin user registration, buatlah dua halaman/page untuk halaman login atau halaman akun saya dan halaman registrasi/pendaftaran.

Pada halaman akun saya, copy paste shortcode [user_registration_my_account] , seperti gambar di bawah ini.

membuat website polling dengan wordpress membuat halaman akun

Pada halaman pendaftaran copy paste shortcode [user_registration_form id=”5″] , seperti gambar di bawah ini.

membuat website polling dengan wordpress membuat halaman registrasi

Form id harus sesuai dengan id formulir pendaftaran yang ada di menu User Registrasi.

membuat website polling dengan wordpress membuat halaman registrasi form

Selanjutnya klik menu User Registration – Settings , pada bagian My account page pilih halaman akun yang tadi anda buat.

membuat website polling dengan wordpress membuat halaman registrasi form option

Pengaturan berikutnya adalah konfirgurasi pada formulir registrasi, klik menu User Registration – All forms.

Klik edit pada formulir registrasinya, dalam contoh ini adalah default form (formulir bawaan), karna tidak membuat formulir baru.

membuat website polling dengan wordpress membuat halaman registrasi form edit

Klik tab menu Form setting, edit tiga kolom pengaturan User approval, Default user role, dan Redirect after login, ubah seperti gambar di bawah ini.

membuat website polling dengan wordpress membuat atur registrasi form option

Berdasarkan beberapa pengaturan di atas, maka alurnya adalah ketika orang ingin membuat survei baru di website anda, dia harus mendaftar, setelah berhasil mendaftar akan otomatis login dan langsung ke halaman buat polling baru. Lalu kemudian apa yang terjadi setelah polling baru tersebut diterbitkan?

Tambahkan code di bawah ini agar setelah polling diterbitkan akan otomatis membuka halaman depan yang berisi daftar polling dan orang yang membuat polling tersebut bisa melihatnya dan membagikan link pollingnya.


add_filter( 'redirect_post_location', 'wpse_124132_redirect_post_location' );
/**
 * Redirect on post save or publish.
 */


function wpse_124132_redirect_post_location( $location ) {

    if ( isset( $_POST['save'] ) || isset( $_POST['publish'] ) )
		
        return home_url();

    return $location;
} 

Membuat menu di halaman frontend website polling

Langkah terakhir adalah bagaimana agar pengunjung website bisa mengakses halaman untuk membuat polling, buatlah menu pendaftaran yang mengarah ke halaman registration yang berisi form pendaftaran user, judul menu bisa apa saja, misalnya Buat Polling. Jadi ada tiga sekenario: ketika orang belum mendaftar maka akan disuruh mendaftar, ketika sudah mendaftar maka harus login, ketika sudah login maka otomatis ke halaman buat polling.

Demikianlah tutorial cara membuat website polling dengan WordPress seperti situs pollingkita.com, walaupun tidak sama persis tapi secara garis besar mirip, sedangkan untuk tampilan pie cart itu pakai template totalpoll yang saya bikin sendiri, jika anda tertarik silahkan kontak kami