Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah efektif tidaknya pasang iklan produk di shopee ataupun di tempat / marketplace lain juga sangat tergantung produk apa yang diiklankan. Artinya, mengiklankan produk yang jarang dicari pembeli tentu berbeda dengan produk yang banyak dicari.

Hal selanjutnya adalah sistem iklan di shopee itu sistem lelang, dalam arti urutan penempatan iklan (dari yang paling strategis) itu tergantung seberapa tinggi biaya iklan yang pengiklan bidding (menentukan biaya iklan per klik) dalam satu waktu, atau dalam satu periode pasang iklan, atau selama saldo iklan si-pengiklan tersedia (untuk semua pengiklan di kata kunci yang sama).

Biar lebih jelas saya kasih contoh nih. Misalnya pada tanggal sekian pukul sekian menit sekian detik sekian, ada 1000 pengiklan yang mengiklankan produk dengan kata kunci yang sama yaitu “tusuk gigi”, maka iklan produk yang akan ditampilkan oleh shopee di urutan pertama adalah iklan dengan bidding biaya maksimal yang paling tinggi. Begitu seterusnya ke bawah ke biaya iklan yang paling rendah.

Jadi bagaimana tips pasang iklan di shopee agar lebih murah dan efektif?

Efektif yang saya maksud adalah iklan yang menghasilkan klik (iklan produknya diklik oleh calon pembeli). Kalau masalah dibeli tidaknya itu kan tergantung produknya menarik atau tidak, deskripsinya jelas atau tidak, reviewnya bagus atau tidak, dan hal-hal lain yang lebih fokus ke produk bukan iklannya. Oh ya dan juga tergantung doa dan takdir hehe. Efektif juga bisa diartikan terukur, tidak boncos tekor habis banyak tapi tidak mendapatkan penjualan akhirnya gigit jari.

Atur iklan shopee ads dengan menggunakan PC atau laptop

Ada beberapa pengaturan yang hanya bisa dilakukan menggunakan browser di PC atau laptop, silahkan login ke seller center https://seller.shopee.co.id menggunakan chrome, edge, firefox atau yang lain.

Scroll ke bawah klik menu Iklan Shopee

Tips cara pasang iklan di shopee yang efektif dan murah

Klik Isi Saldo, silahkan pilih nominalnya paling rendah 25.000, lalu ikuti intruksi pembayarannya.

Tips cara pasang iklan di shopee yang efektif dan murah

Setelah anda berhasil melakukan pembayaran dan saldo iklannya sudah masuk di halaman Iklan Shopee, klik Buat Iklan Baru

Pertama kali beriklan jangan pakai iklan otomatis atau kata kunci otomatis

Banyak penjual pemula (seperti saya) yang pertama kali menggunakan iklan di marketplace pakai iklan otomatis (iklan yang kata kunci dan biaya bid nya di atur oleh sistem), habis ratusan ribu dalam beberapa hari saja, sialnya tidak dapat penjualan sama sekali, atau paling tidak ya tekor lah. Mungkin nasibnya akan beda jika kita sudah melihat performa penjualan dari produk yang kita iklankan, misalnya produknya sudah banyak terjual, reviewnya bagus, banyak yang mencari, dan harga bersaing. Kalau ini sih tanpa iklan pun laku juga walau tidak secepat dengan iklan.

Makanya saya perjelas lagi, jika anda mengiklankan produk baru di toko anda, harus test dulu, perlu beberapa pengaturan yang harus kita kendalikan agar tidak boncos.

Setelah klik Buat Iklan Baru, klik Iklan Pencarian

Tips cara pasang iklan di shopee yang efektif dan murah

Atur bagian-bagian yang penting seperti gambar di bawah ini

Tips cara pasang iklan di shopee yang efektif dan murah

Dalam contoh di atas modal diatur menjadi 10000 per hari. Itu cuma contoh saja, anda bisa menentukan sendiri misalnya 5000 per hari atau berapa terserah. Ini untuk mengatur agar jangan sampai saldo iklan langsung habis tanpa mempelajari performa iklan hari demi hari.

Dalam pengaturan kata pencarian atau kata kunci atau keyword, non aktifkan Pilih Otomatis. Setelah ini dinonaktifkan maka pilihan manual di bawahnya akan aktif.

Selanjutnya klik Tambah Kata Pencarian

Tips cara pasang iklan di shopee yang efektif dan murah

Lihat gambar di atas, di sebelah kiri ada kata kunci yang direkomendasikan oleh sistem shopee, di sebelah kanan adalah kata kunci yang dipilih beserta harga per kliknya. Yang harus dilakukan adalah pilih kata kunci yang paling sesuai dengan produk anda, pilih beberapa kata kunci (lebih banyak lebih bagus), baik itu kata kunci yang banyak di cari maupun yang sedikit dicari tambahkan saja dengan cara klik Tambah, lalu kata kunci akan pindah ke sebelah kanan, di kolom harga akan otomatis terisi harga rekomendasi, ubah harganya menjadi yang paling murah misalnya 200 rupiah. Loh kan jauh sekali di bawah rekomendasi? apakah iklan akan tampil? Nanti saya jelaskan sabar dulu.

Selanjut pada kolom Ubah Tipe Pencocokan Massal, pilih Spesifik. Nah setelah anda menambahkan beberapa kata kunci, barangkali anda ingin menambahkan kata kunci baru yang tidak terdapat pada daftar kata kunci rekomendasi, maka yang harus dilakukan adalah lihat gambar di bawah ini

Tips cara pasang iklan di shopee yang efektif dan murah

Ketik kata kunci baru di kolom pencarian kata kunci di bagian atas, lalu tekan tombol ENTER. Selanjutnya kata kunci baru akan pindah ke bawah, ke daftar kata kunci, klik +Tambah lalu edit harga. Lakukan langkah seperti itu untuk menambahkan kata kunci baru. Jika semua kata kunci sudah klik tombol Konfirmasi

Tips cara pasang iklan di shopee yang efektif dan murah

Jika ada yang salah, anda bisa mengeditnya di sini. Biarkan mode dinamis aktif, ini akan menaikan atau menurukan biaya per klik maksimal 50% kalau misalnya biaya yang kita input 500 maksimal jadi 750 per klik. Selanjutnya klik Aktifkan Iklan

Nah, saya akan menjelaskan kenapa biaya per klik yang jauh di bawah biaya rekomendasi akan bisa menghasilkan klik dan penjualan. Mungkin ini yang jadi pertanyaan pembaca sekalian. Saya hanya menjelaskan berdasarkan pengalaman saya.

Seperti yang telah saya jelaskan di awal artikel ini, bahwa sistem iklan di shopee itu sistem lelang, pengiklan yang mem-bid biaya paling tinggilah yang iklannya akan ditayangkan di urutan pertama hasil pencarian. Lalu pertanyaannya? apakah iklan dengan biaya rendah tidak akan tampil selamanya? Jawabanya tentu TIDAK!

Hal-hal yang menentukan bagaimana sistem lelang iklan bekerja adalah :

  • Jumlah pengiklan yang mem-bid dengan biaya tinggi
  • Jumlah saldo pengiklan yang mem-bid biaya tinggi, batas harian, batas penayangan iklan
  • Jumlah calon pembeli yang memasukan kata kunci yang mentrigger iklan tersebut ditampilkan
  • Kebiasaan calon pembeli saat melihat-lihat produk di hasil pencarian setelah mereka memasukan kata kunci.

Berdasarkan poin-poin di atas, maka bisa disimpulkan bahwa kedua kondisi di bawah ini akan berlaku:

  1. Ketika jumlah pencarian kata kunci tertentu melebihi jumlah iklan dengan biaya tinggi dari kata kunci tersebut yang bisa ditampilkan maka iklan dengan biaya lebih rendah akan ditampilkan.
  2. Ketika kebiasaan calon pembeli yang melihat hasil pencarian sampai halaman 2,3,4,5 dan seterusnya, maka iklan dengan biaya rendah juga akan ditampilkan.

Saya sudah mencobanya dengan bidding 200 perak pun bisa tayang dan menghasilkan klik walaupun tidak secepat bidding yang tinggi. selanjutnya tinggal bagaimana kita meningkatkan konversi, memoles produk agar lebih menarik dari yang lain, agar tidak hanya diklik tapi dibeli.

Penjelasan saya di atas, mungkin tidak 100% benar, dan tidak berlaku sama untuk semua kata kunci dan semua produk. Jadi misalkan anda sudah bidding kata kunci dengan biaya 200 tapi iklan belum juga tampil sampai berhari-hari maka itu artinya kedua kondisi di atas belum terpenuhi, anda harus:

  • Tingkatkan biaya iklan secara perlahan dan lihat hasilnya
  • Ubah kata kunci dengan variasi lain, kata kunci custom yang cukup banyak dicari tapi tidak terlalu banyak persaingannya dan lihat hasilnya

Itu yang saya maksud dengan belajar menganalisis performa iklan.

Kesimpulannya adalah atur biaya iklan paling rendah dulu jika anda belum yakin dengan hasil iklannya. Lihat ke-efektif-an iklan anda setelah satu minggu iklan berjalan. Lakukan evaluasi bila diperlukan dengan meningkatkan biaya iklan secara bertahap atau dengan mengubah kata kuncinya.